OBAT ALAMI SAKIT KEPALA

Banyak cara untuk melepaskan diri dari sakit pusing alias sakit kepala dengan cara alami. Mulai dari relaksasi, beristirahat sejenak, mengompres dengan air hangat, hingga mengkonsumsi berbagai macam herbal.....


Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Penyebabnya mungkin saja sepele, misalnya karena jalanan macet sehingga membuat stress, dan buntutnya kepala jadi berdenyut-denyut, pusing. Tapi, kebanyakan dari kita menganggap enteng, padahal tidak kita tahu bahwa pusing juga bia berbahaya.

Aktivitas kita akan terganggu jika pusing mendadak menyerang. Jika sering menyerang, bisa diindikasikan awal munculnya penyakit serius. Jadi jangan sepelekan pusing kepala.

Sebetulnya banyak sekali penyebab sakit kepala/pusing, baik yang berpengaruh dari fisik maupun dari pikiran kita. Berikut ini beberapa penyebab pusing/sakit kepala diantaranya :

  • Terlalu tegang
  • Terlalu kecapaian
  • Terlalu sering menatap layar komputer/TV
  • Terlalu banyak bekerja
  • Terlalu banyak pikiran akibat beban kehidupan, memikirkan sesuatu yang menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran berlebihan
  • Terlalu banyak membaca buku tanpa penerangan yang cukup
  • dan penyebab lainnya.

Pusing juga bisa disebabkan karena :


  • Sakit gigi. Gigi nyeri lama-kelamaan naik ke kepala. Biasanya sakit kepala tidak akan reda jika sakit giginya belum terobati dan sembuh.
  • Obat-obatan. Bisa karena salah obat, overdosis, dan termasuk obat-obatan yang digunakan untuk mabuk-mabukan.
  • Sakit Telinga. Sakit telinga biasanya hanya sebelah secara bergantian dan kadang menjalar ke kepala.
  • Sakit Mata. Bisa karena mata merah, mata bengkak, mata timbilen (mata karena kurang tidur).
  • Keracunan Makanan, juga bisa jadi penyebab sakit kepala
  • Penyakit Tumor
  • Menstruasi (haid) pada wanita, jadi tidak berlaku bagi pria.
  • Suara yang sangat keras sehingga mengganggu ketenangan telinga
  • Gangguan pada liver (hati) juga bisa menyebabkan sakit kepala.
  • Sakit Ginjal
  • Gangguan Emosi. Goncangan emosi bisa isebabkan marah, kecewa, jengkel, an bisa juga karena masalah cinta.
  • Insomnia atau tidak bisa tidur
  • Akibat minum alkohol
  • Alergi.
Sebelum Anda menggunakan obat-obatan kimia pereda rasa sakit kepala yang berefek samping membahayakan, sebaiknya cobalah tips dibawah ini :


Relaksasi

Biarkan diri Anda santai sejenak. Duduk atau tidur dalam posisi bebas, santai jangan kaku. Putar musik yang tenang, pejamkan mata dan bayangkan sesuatu yang indah. Lakukan selama 15 menit. Sebaiknya relaksasi dilakukan di ruangan yang gelap, tenang, atau pencahayaan yang minimal. Maafkan orang yang telah menyakiti Anda untuk selamanya, supaya sesak di dada hilang dan beban dalam pikiran Anda ringan.

Istirahat Sejenak

Jika Anda sedang di kantor atau sedang mengerjakan aktivitas rumit dalam waktu yang lama, istirahatlah sejenak. Keluar ruangan Anda dan hirup udara segar dalam-dalam dan kemudian lepaskan sebanyak 10 kali. Untuk wanita, jangan gunakan sepatu berhak tinggi dan sempit karena akan menyumbat aliran darah ke seluruh tubuh. Kalau ada waktu libur gunakan untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan urusan kantor atau pekerjaan.

Terapi Pijat

Pijat wajah, kepala, bahu, dan punggung agar otot-otot lebih rileks. Tekuk pelan-pelan kepala ke arah kanan dan ke kiri. Untuk yang cenderung darah tinggi (tensi selalu tinggi) leher jangan di pijat, bisa dengan terapi air hangat atau minum cincau 1 gelas perhari atau makan bawang putih kalu bisa bawang lanau 1-3 kali sehari.

Kompres Air Hangat

Taruh handuk hangat di tempat nyeri. Selain mengkompres, bisa juga mandi dengan air hangat dan rendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam untuk melancarkan peredaran darah.

Pengendalian Emosi

Hindari stress, bukan berarti menghilangkannya. Jadi lebih ditekankan bagaimana kita mengelola stress agar tidak menjadi beban dan selalu berdoa berserah diri pada-Nya dalam segala masalah dalam hidup ini sesuai keyakinan Anda masing-masing. Syukurilah apa yang telah Tuhan berikan (contoh: kesehatan yang tidak bisa diukur dengan materi).

Gaya Hidup Sehat

Ganti gaya hidup Anda dengan mengatur pola makan yang sehat. Batasi konsumsi kafein dan dula. Jika memang terbiasaminum kopi atau teh manis, usahakan maksimal 1-2 cangkir sehari dan perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari. Hentikan merokok dan berolahraga. secara teratur.

Pilih yang Alami

Biasanya, untuk menghilangkan sakit kepala secara instan, kita mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dijual bebas. Tak heran, jika kita bisa mudah temukan obat sakit kepala di mana-mana, karena memang penyakit ini hampir melanda semua orang di dunia. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering mengkonsumsi Obat Kimiawi buruk untuk kesehatan kita. maka dari itu sebetulnya ada cara mengobati sakit kepala dengan ramuan tradisional.

Berikut ini obat tradisional untuk sakit kepala/pusing :

- Jeruk Nipis

Ambil daun jeruk nipis 1/2 genggam dan jeruk nipis 1 butir.

Cara Membuat : 
Daun jeruk nipis digerus halus kemudian masukkan ke dalam gelas dan dibubuhi perasan air jeruk nipis. Kemudian gosokkan ramuan tersebut ke bahu, tengkuk, dan pelipis. Lakukan 2 kali sehari.

Atau bisa juga minum air jeruk nipis yang kita buat seperti minuman (wedang), bisa ditambah gula pasir atau madu sekedarnya saja. Setelah minum lalu tidur. Maka setelah bangun sakitnya akan sembuh. Syaratnya yakin dan berdoa, lebih manjur jika ditambah istighfar minta ampun atas kesalahan yang telah dilakukan, sambil berbaring sampai tertidur.

- Kangkung

Daun dan batang kangkung bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau pun lauk sehari-hari.

- Minum papermint atau teh mint

- Tambahkan Jus lemon ke dalam segelas air putih atau teh hangat.

- Aroma terapi, yaitu tempelkan kulit jeruk pada dahi atau kening.

Nah, bagi orang yang suka keluar malam hari tentu mereka akan kurang tidur sehingga kepalanya terasa pusing-pusing. Untuk mengatasi rasa pusing itu, saya bagikan resep ramuan tradisional berikut :

Bahannya :

- Kopi bubuk 1 sendok makan
- Gula Pasir
- Kuning telur ayam kampung 1 butir
- Air

Cara Membuatnya :

Semua bahan di atas dimasukkan ke dalam gelas. Kemudian tuangkan air panas sebanyak 1/3 gelas. Aduk dan campurlah menjadi satu. Tunggu agak dingin, minumlah, Insya Allah, ramuan tradisional tersebut sangat manjur untuk menyembuhkan pusing-pusing karena sering begadang malam.
OBAT ALAMI SAKIT KEPALA OBAT ALAMI SAKIT KEPALA Reviewed by Unknown on 17.09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.