KHASIAT DAUN BAWANG

Setiap orang pasti tahu apa itu daun bawang, terutama para kaum ibu. Umumnya kita sering melihat sayuran jenis ini baik dijual di pasar-pasar maupun sebagai pelengkap di berbagai masakan, seperti sayur sop atau yang lainnya. Namun, meski mudah didapat dan murah, ternyata daun bawang juga memiliki banyak khasiat sebagai obat herbal yang ampuh...

Daun Bawang sudah ditanam berabad-abad yang lalu di Cina dan Jepang. Ia merupakan tanaman perennial (tahunan) yang dibudidayakan secara annual (semusim) atau biennial (dua musim). Tanaman daun bawang tidak menghasilkan umbi, berdaun bulat panjang dan berlubang seperti pipa. Struktur bungannya seperti bawang merah, dengan warna bunga putih. Bijinya yang masih muda berwarna putih dan setelah tua menjadi hitam.

Ada dua jenis daun bawang, yaitu bawang bakung (allium fistulosum) atau bawang semprong/sibol, dan bawang prei (allium porrum) atau leek. Daun bawang bakung mempunyai umbi kecil dengan daun bulat, panjang, dan berlubang seperti pipa. Sedang daun bawang prei tidak memiliki umbi, berdaun panjang, pipih berpelepah panjang, dan liat.

Mungkin banyak yang tidak menyadari, selain mempercantik dan membuat masakan menjadi lebih lezat, ternyata daun sakti ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi penunjang kesehatan tubuh. Apa saja kandungan yang terdapat pada daun bawang ini?

Daun bawang kaya akan antioksidan flavonoid, mineral ,dan berbagai vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun bawang juga rendah kalori dan batangnya mengandung serat larut maupun serat tidak larut 

Daun bawang juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat menjaga tubuh dari infeksi dan efek radikal bebas. Selain itu, daun bawang juga merupakan sumber vitamin A, K, dan E, karoten, dan juga xanthin, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagai penunjang kesehatan tubuh, mengkonsumsi daun bawang dapat menurunkan tingkat gula darah. Daun yang satu ini juga bisa membantu pencernaan tubuh. Sementara itu, mengkonsumsi daun bawang juga bisa memperlancar saluran darah.

Bukan hanya itu, bagian hijau daun dari daun bawang mengandung asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Ketika di potong atau dimemarkan, daun bawang akan menghasilkan alicin, yaitu zat yang dapat menurunkan kolesterol. Zat alicin tersebut juga berperan sebagai antibakteri, anti-virus, anti-jamur, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun bawang juga bermanfaat untuk menghilangkan lendir dalam kerongkongan. Selain itu, daun bawang pun berkhasiat diuretic, diaforetik, dan anti-radang, memudahkan pencernaan makanan, dan akarnya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacingan.

Selain kandungan pada daun bawang yang sangat bermanfaat demi menunjang kesehatan tubuh, daun bawang juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh. Beberapa penyakit yang diobati dengan daun bawang, antara lain :

  • Perut kembung
        Cuci sekitar 15 gram daun bawang segar, potong-potong seperlunya, lalu rebus dengan dua gelas air selama 15 menit sampai air tinggal satu gelas. Dinginkan, saring lalu diminum. Atau juga bisa dengan cara menumbuk daun bawang, kemudian letakan tumbukan daun bawang itu di atas perut. Dengan cara demikian, secara perlahan pasti perut kembung anda akan berkurang.

  • Sesak nafas karena flu
Masukkan rajangan daun bawang mentah ke dalam wadah dan campur dengan air panas. kemudian hiruplah uapnya. Lakukan hal ini beberapa kali sampai nafas kembali terasa lega.
  • Bengkak dan bisul
Ambil beberapa helai daun bawang, campur dengan sedikit air lalu remas-remas sampai lembut. Tempelkan remasan itu pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak.
  • Digigit serangga
Potong-potong daun bawang, gunakan sebagai obat luar yang ditempelkan pada bagian tubuh yang disengat lebah, gigitan serangga, maupun gatal berbintik-bintik merah.
  • Batuk, Flu
Buatlah jus dari empat helai daun bawang ukuran besar ditambah dengan satu liter air panas. Saring lalu minumlah.
  • Nyeri sendi
Seduhlah kulit luar daun bawang yang sudah dibersihkan secukupnya. Buatlah semacam teh hangat yang akan memperbaiki sirkulasi darah, khususnya untuk kasus nyeri sendi.

Nah, sudah tahukan khasiat dari daun bawang? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo...kita konsumsi daun yang kaya akan manfaat ini....
KHASIAT DAUN BAWANG KHASIAT DAUN BAWANG Reviewed by Unknown on 12.59.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.