KHASIAT JAMBU BIJI : SI MANIS BERIBU MANFAAT

Kandungan vitamin C jambu biji, dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 59 mg per 100 gr buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji mencapai puncak menjelang matang. Artinya, 275 gr jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C pada tiga orang dewasa atau dua anak-anak...

Jika Anda memiliki tanaman jambu biji, mulai saat ini sebaiknya Anda rawatlah baik-baik. Mengapa? Karena tanaman jambu biji ini sangat banyak memiliki manfaat dan khasiat untuk pengobatan. Selain buahnya bisa dikonsumsi, pohonnya menjadi peneduh, tanaman jambu biji juga bisa Anda jadikan sebagai tanaman apotik hidup. Pokoknya lengkap manfaatnya..!

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah tahu dengan buah yang satu ini; jambu biji. Bentuknya yang bulat, warna daging buahnya yang merah, dan rasanya yang manis, merupakan kelebihan yang dimiliki oleh jambu biji. Tak mengherankan kalau kemudian banyak orang yang gemar mengkonsumsi jambu biji secara konsisten karena mudah untuk mendapatkan dan murah harganya.

Selain bisa dimakan langsung, jambu biji juga bisa dibuat menjadi jus yang menyegarkan dan menyehatkan. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini biasanya tumbuh baik di dataran rendah atau dataran tinggi.

Besar buahnya sangat bervariasi, mulai dari yang berdiameter 2,5 cm dampai dengan 10 cm. Untuk pohonnya sendiri mempunyai ciri bercabang banyak dengan ketinggian mencapai 15 meter. Sedangkan buahnya berdaging lunak dan tebal, memiliki biji yang masih sedikit dan rasanya manis.

Kandungan Jambu Biji 

Jambu biji atau Psidium guajava L. mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 gram buah. Vitamni C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji memuncak saat menjelang matang. Artinya 275 gram jambu biji dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C pada tiga orang dewasa atau dua anak-anak.

Jambu biji juga kaya akan serat, khususnya pektin (serat larut air). Manfaat pektin antara lain menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh, serta membantu mengeluarkannya. Penelitian yang dilakukan oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad, India, menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi.

Adapun tanin yang menimbulkan rasa sepat pada jambu biji bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang cirus. Kalium yang terkandung dalam buah ini berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh, serta menurunkan kadar kolesterol total dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurut penelitian, memakan jambu biji 0,5 - 1 kg/ hari selama empat minggu, resiko terkena sakit jantung dapat berkurang hingga 16 %.

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen, yaitu zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang memiliki aktivitas antioksidan, sehingga bermanfaat memberikan perlindungan pada tubh dari serangan beberapa jenis kanker. Dalam jambu biji merah, kandungan likopen ini tersedia dalam jumlah melimpah.

Kwmudian, daun jambi biji yang juga sering dimanfaatkan sebagai obat, diketahui mengandung tanin, eugenol (minyak asiri), minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, dan asam apfel. Biji jambu mengandung 14% minyak asiri, 15% protein, dan 13% tepung.

 Ragam Pemanfaatan 

Menurut beberapa ahli kesehatan, jambu mempunyai banyak manfaat. Mulai dari penyakit yang sederhana sampai penyakit yang berat, seperti kanker.
  • Mencegah Kanker
Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.
  • Menurunkan Hipertensi
Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi juga ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang, bisa mencukupi 20% kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi rutin potasium bisa menurunkan tekanan darah.
  • Mengobati Diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan tebal setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu dan jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.
  • Batuk dan Flu
Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus, dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukkan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi cirus flu.
  • Merawat Kulit
Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur, menjadi kulit tetap segar, bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit lainnya. Bukan hanya itu, jambu biji juga mengandung vitamin A,C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat sertabebas keriput. Caranya dengan mengkonsumsi langsung jambu biji yang setengah matang. Bisa juga menggunakan daun atau kulit jambu biji dengan cara mencuci daun jambu biji lalu direbus dan setelah air hasil rebusan dingin maka dapat diminum.
  • Mencegah Sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu biji efektif dapat mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36% kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu, jambu biji juga menjadi laksatif yang ampuh yangberfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.
  • Menurunkan Berat Badan
Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein, dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.
  • Sariawan
Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji, empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan, penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.
  • Merawat Gigi
Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.
  • Diabetes Melitus
Jambu biji yang telah direbus dan diambil airnya, dapat mengobati Diabetes Melitus.


Berbagai Macam Resep Jambu untuk Pengobatan


1. Diare

Ramuan 1 : Daun jambu biji 30 gr ditambah segenggam tepung beras direbus dengan 1-2 gelasair. Larutan diminum 2 kali sehari.

Ramuan 2 : Tiga lembar daun jambu biji muda segar dikunyah dengan sedikit garam, lalu ditelan. Lakukan sehari 2 kali.

Ramuan 3 : Enam lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.


2. Sariawan

Ramuan 1 : Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring. Minum 2x sehari.

Ramuan 2 : Daun jambu biji muda 2 lembar, daun sirih segar 1 lembar, daun saga segar satu genggam, dicuci sampai halus lalu tambahkan air. Peras adonan itu lalu gunakan airnya untuk kumur-kumur 2-3 kali sehari.


3. Luka Berdarah atau Borok di sekitar Tulang

Lumatkan daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.


4. Kencing Manis / Diabetes Melitus

Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkel dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu sebelum diminum 2 kali sehari.


5. Ambeien

Ramuan 1 : Ambillah beberapa lembar daun jambu biji muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu. Kedua bahan dicuci bersih. Pisang batu tak perlu dikupas. Tumbuk keduanya. Air perasannya ditampung lalu diminum. lakukan setiap hari secara teratur. Walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar-benar sembuh.

Ramuan 2 : Buah jambu biji segar 500 gram direbus menggunakan air secukupnya hingga menjadi cairan kental. Oleskan cairan itu ke bagian tubuh yang sakit.


6. Kembung pada Anak-anak

Petik tiga lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Perebusan dilakukan hingga air tinggal 1 cangkir saja. Sebelum diminum sebaiknya air disaring. Anak berumur 3 tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 sendok.


7. Maag

Bahan : 8 lembar daun daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan, diminum 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore.


8. Sakit Perut (Diare dan Mencret)

Bahan : 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batangnya. Cara membuat : direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


9. Sakit Perut / Diare pada bayi yang masih menyusui

Bahan : Jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.


10. Masuk Angin

Bahan : 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari.


11. Beser (Sering Kencing) berlebihan

Ramuan 1 : Ambil 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (disangrai). Cara membuat kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

Ramuan 2 : Ambil 3 pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica. Makan setiap siang dan malam selama 2 hari.


12. Prolapsisani

Bahan : 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengkompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.


13. Sakit Kulit

Ramuan 1 : Segenggam daun jambu biji muda dan 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.
Ramua 2 : Daun jambu biji segar 500gram dipotong-potong lalu direbus dengan air panas 90 derajat Celcius selama 20 menit. Saring air rebusan lalu gunakan untuk mandi selagi airnya masih hangat. Lakukan secara teratur sampai penyakit kulit hilang.


14. Obat Luka Baru

Bahan : 3 pucuk daun jambu biji.
Cara Buat : dikunyah sampai lembut.
Cara Menggunakan : ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus menerus. Kandungan astrigent-nya dapat menghentikan perdarahan.


15. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Ramuan 1 : Jambu biji matang dan mengkel 3 buah dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji. Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkel dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.

Ramuan 2 : Daun jambu  biji seger 1 kg dicuci bersih, kemudian dipotong kecil-kecil (dirajang). Blender dengan air secukupnya hingga halus. Saring dan endapkan, sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.
Cara Pemakaian : Masukkan ekstrak dke dalam kapsul lalu minum dua kali sehari, setiap pagi dan sore. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk 1/2 liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai keluhan sembuh.


16. Keputihan

Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
KHASIAT JAMBU BIJI : SI MANIS BERIBU MANFAAT KHASIAT JAMBU BIJI  : SI MANIS BERIBU MANFAAT Reviewed by Unknown on 06.10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.