KHASIAT KAYU PUTIH untuk KESEHATAN

KANDUNGAN dan manfaat dari kayu putih yaitu daunnya mengandung minyak atsiri, sineol, melalecuin dan baunya mengandung zat tanin. Bersifat diaforentik, menghilangkan rasa sakit, membunuh kuman, menghilangkan dahak, dan anti kejang. 
Bila akan digunakan untuk obat dalam, sebaiknya carilah minyak kayu putih yang asli, karena di pasaran banyak merek kayu putih yang sudah dicampur dengan berbagai bahan pewarna dan bahan kimia lainnya.

Berikut, saya sajikan beberapa kegunaan/manfaat kayu putih untuk pengobatan berbagai macam penyakit :

1. Perut Kembung

Satu sendok teh minyak kayu putih, 1/2 gelas air gula batu, diaduk rata. Diminum sekaligus.

2. Keriput Kulit Perut

Dua puluh tetes minyak kayu putih, satu sendok teh kapur sirih, dan satu sendok teh air jeruk nipis, diaduk rata. Oleskan pada perut setiap hari selama satu minggu. Ramuan ini digunakan untuk wanita yang habis melahirkan

3. Batuk

Satu sendok teh minyak kayu putih, parutlah 1/4 biji pala, air perasan jeruk nipis. Campur jadi satu. Gosokan pada punggung dan dada si penderita. Lakukan ini 2 kali sehari, selama tiga hari.

4. Mencegah Step

Peres 2-3 jeruk nipis, 3 sendok makan minyak kelapa, 3 tetes minyak kayu putih, dan 3 siung bawang merah yang sudah ditumbuk halus, dicampur jadi satu. Oleskan ramuan ini ke seluruh tubuh penderita, terutama pergelangan tangan, kaki, perut, dan ketiak. Selimuti tubuhnya sampai keluar keringat. Ramuan ini digunakan untuk anak-anak.

5. Flu

Dua sendok teh minyak kayu putih, 2 sendok teh minyak gandapura, 3 sendok teh minyak kelapa, 3 sendok air jeruk nipis, dicampur jadi satu. Gosokan ramuan ini pada leher, dada, dan punggung 2x sehari.

6. Kejang Pada Bayi

Gosokan minyak kayu putih pada hidung dan pada perut anak yang bersangkutan. Lakukan sebanyak yang diperlukan.

7. Masuk Angin

Sepuluh tetes minyak kayu putih, dicampur ke dalam setengah gelas air panas, diberi satu sendok madu. Hangat-hangat minum campuran tersebut 1 sampai 2 kali sehari.


Demikianlah uraian singkat tentang khasiat kayu putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
KHASIAT KAYU PUTIH untuk KESEHATAN KHASIAT KAYU PUTIH untuk KESEHATAN Reviewed by Unknown on 12.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.