KOPI : Melindungi Jantung hingga Hati

Banyak orang mengira, minum kopi rentan dengan beragam penyakit. Tapi ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Biji-biji kopi ini mampu menangkal sejumlah penyakit berat sekaligus.


Menyeruput kopi pada pagi hari dan sore hari, sudah menjadi kebiasaan kita.Rasanya ada yang kurang bila belum mengkonsumsi minuman berwarna pekat ini. Ya, minum kopi saat ini bukan hanya sebagai obat untuk mengusir rasa kantuk semata, tapi sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Dari warung kopi pinggir jalan hingga mal-mal elite, kedai kopi setiap hari dipenuhi para penggemarnya.

Mengapa mengkonsumsi kopi mampu mengurangi rasa sakit? Dari mulai sakit ringan hingga sakit berat seperti : diabetes, kanker kolon, sirosis atau kerusakan hati, batu empedu, dan lainnya. Semua itu, karena kopi mengandung kafein yang lebih besar dibanding miuman lainnya, antioksidan, dan mineral yang meningkatkan sensitifitas insulin dan metabolisme glukosa.

Secara prosentase, manfaat kopoi bagi kesehatan mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25%, resiko batu empedu 45%, resiko sirosis hati sampai 80%, resiko penyakit perkinson 50-80%, dan mengurangi potensi serangan asma sampai 25%. Bahkan mengurangi tingkat bunuh diri akibat ketegangan dan stress.

Secara umum menurut Dr. J. Murdoch Ritchie, efek positif dari kafein adalah menambah kecepatan berfikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa kantuk dan kelelahan, meningkatkan sensor stimuli dan reaksi motorik, misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dapat mengurangi tingkat kesalahan lebih kecil, dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih "segar"`

Diabetes

Menurut para peneliti di Havard, mengkonsumsi enam cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat mengurangi resiko diabetes, yaitu 54% bagi laki-laki dan 30% bagi wanita.
Penelitian lainnya yang dimuat dalam Amaerican Journal of Epidemiology menunjukkan mengkonsumsi empat cangkir atau lebih kopi per harinya pada lansia memiliki resiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsi kopi. 

Kanker Kolon, Kanker Hati, dan Sirosis Hati

Dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan resiko kanker kolon sebanyak 25%, dan sirosis hati sebesar 80%. Antioksidan yang terkandung dalam kopi membantu melindung sel dari radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan kanker dan kelainan otak degeneratif.
Dr Francesca Bravi dari Italia menemukan, bahwa peminum kopi menikmati 41% pengurangan resiko HCC (Hepatocelluler Carcinoma) atau kanker hati, dibanding dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi kopi.

Kopi bahkan dalam jumlah yang sedikit terlihat mampu melindung liver Anda. Riset dilakukan oleh Kaiser Permanente menemukan kasus sirosis sedikit pada peminum alkohol yang juga minum kopi. Minum sedikitnya secangkir kopi sehari memotong resiko serosis hingga 30% dan mengkonsumsi 4 atau lebih cangkir sehari dapat mengurangi hingga 80% bila dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Batu Empedu

Kopi meningkatkan aliran empedu dan mencegah kristalisasi empedu. Dua cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko batu empedu sebesar 50%.

Melindung Jantung

Kopi mampu melindungi peminumnya dari serangan jantung. Penelitian yang dilakukan di Havard menunjukkan wanita yang mengkonsumsi 5 cangkir atau lebih setiap minggunya mampu mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 32% dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi kurang dari 4 cangkir setiap minggunya.

Hilangkan Sakit Kepala

Satu dosis obat penawar sakit mengandung 120 mg kafein, sama seperti jumlah yang ditemukan dalam secangkir kopi. Kafein ditambahkan pada obat penawar sakit kepala karena bisa meningkatkan penyerapan dalam peningkatan efek penghilang rasa sakit. Kafein juga membatasi pembesaran pembuluh darah ke kepala, yang dapat menyebabkan migrain.

Walaupun begitu, belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala. Namun, para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitar menegang.

Nafas Lebih Lega

Manfaat yang paling terlihat adalah untuk sesak nafas. Cobalah minum secangkir kopi untuk menghilangkan gejala menjengkelkan tersebut. Menurut Dr. Menaldin Rasmin, Sp.P(K), pulmonologis dan ketua pendidikan kedokteran berkelanjutan-FKUI, khasiat kafein dapat merelaksasi dan memperkuat kerja tonus otot nafas yang membantu paru-paru.

Sedang menurut Marshall Plaut, MD, ketua Divisi Alergi di National Institute Allergy and Infection Disease, kafein pada secangkir kopi dapat bertindak untuk meredakan ketegangan di percabangan trachea (bronkus). Tapi ingat, bagi penderita asma yang parah, jangan mengganti obat yang Anda minum dengan kopi!

Mencegah Gigi Rusak

Komponen yang memberi kopi aroma dan rasa pahit yaitu Trigonelline, diakui para peneliti Italia memiliki zat anti bakteri dan anti lekat yang mencegah gigi berlubang.

Stamina Tubuh

Kafein memberikan sinyal pada otak dan sistem syaraf untuk melakukan hal-hal secara berbeda. Penelitian menunjukkan dua cangkir kopi sanggup membangun stamina tubuh.

Konstipasi

Kopi cenderung mempercepat proses pengosongan perut sehingga masalah sembelit dapat teratasi. Anda pasti pernah merasakan di pagi hari setelah minum kopi, ingin buang air besar.

Mencegah Kanker Prostat

Penyakit yang sering dialami para lelaki ini, ternyata berdasarkan penelitian dapat dicegah dengan minum kopi secara rutin. Berdasarkan penelitian, yang meminum kopi secara rutin beresiko 60% lebih kecil menderita kanker Prostat dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah jenis kepikunan yang membahayakan karena dapat melumpuhkan pikiran dan kecerdasan seseorang. Keadaan ini ditunjukkan dengan kemunduran fungsi intelektual dan emosional secara progresif dan perlahan, sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi resiko demensia dan Alzheimer, sam halnya dengan Perkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan syaraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

Mencegah Resiko Kejang Pada Balita

Biasanya balita bisa mengalami kejang akibat suhu tubuh yang tinggi. Dengan sedikit asupan kopi mempunyai kemngkinan mengurangi resiko kejang.

Kopi dan Kecantikan Wanita

Selain mempunyai manfaat seperti di atas, kopi juga mampu memberikan segudang manfaat untuk kecantikan kulit wanita seperti di bawah ini :
  • Mengangkat sel kulit yang mati dan memperbaiki kulit yang rusak.
  • Mampu menetralkan kulit yang teriritasi sekaligus memberi nutrisi pada kulit.
  • Bisa menghilangkan bau badan
  • Berkhasiat merevitalisasi sel kulit baru dan menjaga kelembaban kulit.
  • Bermanfaat menhilangkan bekas jerawat,flek, dan noda hitam.
  • Dapat menghilangkan selulit jika dilakukan secara teratur.
  • Mampu memperbaiki sirkulasi darah dan memecah lemak di tubuh yang dapat menimbulkan selulit.
  • Berfungsi sebagai astrigent/penyegar karena kandungan pH-nya sama dengan kulit (4,5), sehingga mampu mengurangi dan menghilangkan jerawat atau noda pada kulit.
  • Memberi proteksi ringan terhadap sinar UVA atau UVB

Perlu Anda ketahui, banyak wanita di beberapa lokasi, seperti : Hawaii, Bali, dan Amerika Selatan selama bertahun-tahun telah mengenal manfaat kopi dan menggunakannya untuk perawatan kecantikan mereka. Pasalnya, kandungan yang terdapat di dalam kopi dinilai baik untuk kulit.

Kini Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi sebagai bahan dalam sejumlah scrub yang akan digunakan, atau menikmati spa di salon kecantikan dengan aroma kopi yang istimewa. Salah satunya, kopi mampu membasmi selulit.

Selulit adalah gumpalan lemak yang menyembul dari jaringan ikat yang seharusnya menyelubunginya. Namun karena suatu sebab, jaringan menjadi agak longgar dan lemak menyembul. Akibatnya ada tampilan kurang indah yang menghiasi tubuh Anda.

Mereka telah menemukan bahwa kafein juga memberikan efek lembut terhadap kulit mereka. Kafein mampu bertindak selaku vasorecstrictor yang berarti mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Proses ini dapat secara efektif mengurangi munculnya varises.

Menghilangkan Selulit

Siapkan secangkir bubuk kopi, setengah cangkir gula atau garam laut, dan 2-3 sendok olive oil. Campurkan semua bahan dalam mangkok dan oleskan pada bagian area tubuh yang dihiasi selulit. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar. Langkah memijat ini sangat penting karena membantu melepaskan sel-sel lemak yang terperangkap sehingga mengurangi tampilan selulit. Andapun kini tampil lebih cantik.

Mengencangkan Wajah

Kandungan kafein ternyata dapat membantu memecah sel-sel lemak dan kelebihan cairan di wajah. Caranya, mengkompreskan kopi hangat ke wajah. Celupkan kain ke dalam kopi hangat, lalu kompreskan ke wajah sekitar 10 menit.

Menghaluskan Telapak Tangan

Bubuk kopi selain enak diminum, juga bisa menghaluskan telapak tangan. Caranya cukup menggosokkan bubuk kopi yang terlebih dahulu diberi air hangat pada telapak tangan berulang-ulang. Biarkan beberapa saat dan cuci bersih sisa kopi tersebut.

Menyingkirkan Bau Ikan

Untuk menyingkirkan bau ikan dan bawang putih yang menempel di tangan Anda, cukup ambil sisa kopi minuman lalu gosok-gosokan pada telapak tangan Anda.

Lulur Kopi

Untuk Anda yang bukan penikmat kopi, bubuk hitam tersebut bisa dibalurkan ke seluruh tubuh. Di India, ada perawatan yang disebut udwartaman, yaitu perawatan lulur dengan media kopi. Perawatan ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh serta menghaluskan kulit jika dilakukan secara teratur.

Caranya: pertama kulit disikat dengan sikat tubuh. Kemudian kopi dibalurkan ke seluruh tubuh sambil di gosok. Setelah itu, proses diulang kembali dengan menggunakan bubuk 'Herbal' khas India. Bubuk herbal ini dapat ditemukan pada toko obat dan kosmetik khas India. Sedangkan kopi yang dipakai adalah biji kopi murni ditumbuk sendiri agar butirannya masih terasa kasar pada kulit.

Efek Negatif Kopi

Di balik kenikmatannya, kopi menyimpan efek negatif bagi mereka yang tidak mengetahui cara minum kopi yang baik. Minum kopi yang berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk  antara lain, meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang akan membuat darah lebih pekat.

Bila kopi di konsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan kegelisahan. Selain itu bisa menimbulkan kecemasan kronis, lekas marah, sulit tidur, otot berkedut, diare, muntah, demam dan kebingungan mental. Kafein dalam jumlah sangat besar dapat menjadi zat mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah 10 gram atau kira-kira 100 cangkir kopi yang diminum secara berturut-turut.

Perlu diperhatikan juga, kopi sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi, karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba.

Bagi wanita hamil, kopi dapat meningkatkan resiko kematian pada bayi. Kopi pun dapat mengakibatkan tulang keropos. Bagi penderita maag, kopi adalah musuh besar yang harus dihindari karena kafein meingkatkan produksi asam lambung. Kopi pun membuat gelisah, insomnia, dan tremor (tangan gemetar).

Untuk menghindari efek negatif kopi, pilih racikan kopi tanpa tambahan gula dan susu, serta  mengurangi dosis kopi yang Anda minum setiap harinya. Aelain itu, pilih juga jenis kopi yang tanpa kafein. Dan agar 'racun' dalam kopi bisa diminimalisasi, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi 2 gelas air putih untuk setiap satu cangkir kopi yang Anda minum.

Ellen Mason, pakar di Pusat Rehabilitasi Jantung Inggris menambahkan, minum kopi disertai gaya hidup sehat adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tetap optimal. "Minum kopi sambil merokok akan membatalkan manfaat positif. Begitu juga jika tidak berolah raga dan bergerak secara teratur." katanya seperti yang di muat dalam Telegraph. 

                          ===== 000 =====
KOPI : Melindungi Jantung hingga Hati KOPI : Melindungi Jantung hingga Hati Reviewed by Unknown on 20.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.