KHASIAT : JAGUNG


Jagung sangat direkomendasikan bagi pecandu rokok, ibu hamil, penderita kanker, remaja yang menginginkan kulit sehat, dan seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan nutrisi lengkap dalam satu bahan makanan pokok.


Di Indonesia, jagung bukan termasuk makanan populer seperti padi atau beras. Meskipun begitu, di beberapa daerah di Indonesia, jagung menjadi makanan pengganti beras,bahkan menjadi makanan pokok sehari-hari. Selama ini, jagung menjadi makanan sampingan, misalnya : jagung rebus, jagung bakar, dibuat pop corn, atau dibuat perkedel. Jagung bukan hanya sebagai pangan sumber karbohidrat, tetapi sebetulnya khasiatnya jauh di luar dugaan.

Jika Anda sudah mengetahui manfaat jagung yang akan saya beberkan pada tulisan ini, hendaklah Anda jangan menyepelekan jagung dan segeralah secara rutin mengkonsumsinya. Apalagi bagi pecandu rokok, ibu hamil, penderita kanker, remaja yang menginginkan kulit sehat, dan seluruh kalangan masyarakat yang butuh nutrisi lengkap dalam satu bahan makanan pokok.

Sumber Lemak Nabati

Jagung merupakan sumber lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak Omega6. Asam lemak Omega6 bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, serta stroke. Selain itu, jagung mengandung serat penting untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jagung kaya akan asam folat yang berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah. homosistein merupakan suatu jenis asam amino yang bila kadarnya meningkat dalam darah, dapat merusak pembuluh darah sehingga beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke.

Asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak janin. Asam folat mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok tambahan selain nasi.

Jagung merupakan sumber thiamin (vitamin B1) yang sangat penting bagi kesehatan sel otak dan fungsi kognitif. Sebab thiamin dibutuhkan untuk membentuk acetylcholine yang berfungsi memaksimalkan komunikasi antar sel otak dalam proses berfikir dan konsentrasi. Jika kadar cat ini menurun, maka akan menyebabkan pikun dan penyakit alzheimer.

Kepikunan sering kali timbul akibat stress dan akibat tekanan beban pada otak yang menumpuk, utamanya pada para pelajar maupun mahasiswa. Oleh karena itu, remaja sebaiknya memilih cemilan yang tidak hanya sekedar mengisi perut, tapi juga menyehatkan bagi otak dan tubuhnya.

Kaya Serat dan Antioksidan

Jagung juga kaya akan asam pentotenat (vitamin B5) yang berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak untuk diolah menjadi energi. Hal ini berarti, konsumsi jagung sangat dianjurkan bagi penderita obesitas.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Institute for Cancer Research, jagung banyak mengandung senyawa fitokimia dalam bentuk terikat yang kekuatan antioksidannya tidak kalah dengan antioksidan dalam buah dan sayuran.

Komponen fitokimia ini bermanfaat membantu serat menurunkan resiko kanker, utamanya kanker usus. Selain itu, dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, menyatakan bahwa proses pemasakan pada suhu tinggi (115 C) dalam waktu lama (10-15 menit) akan meningkatkan aktivitas antioksidan jagung meskipun kandungan vitamin C-nya berkurang. 

Jadi jangan sampai Anda berfikir dengan pengolahan bisa merusak zat gizi yang terdapat dalam jagung. Proses pemasakan jagung akan meningkatkan pengeluaran asam ferulat yaitu senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kanker. Salah satu kelebihan lain jagung adalah kandungan provitamin A yang tinggi dalam bentuk pigmen.

Jagung mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Dalam satu cangkir jagung terkandung 18,4% serat dari serat yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan memenuhi kebutuhan akan serat, hal tersebut mampu membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada pencernaan, seperti : sembelit dan wasir, serta mampu menurunkan resiko kanker usus besar.

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, dengan mengkonsumsi  minyak jagung bisa menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.

Untuk Perokok

Jagung sangat direkomendasikan bagi perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru-paru. Ini adalah kabar baik bagi pecandu rokok. Ketagihan terkadang menyulitkan niat mereka untuk berhenti, namun jangan sampai hal ini bisa berefek buruk bagi kesehatan terus menerus.

Menurut Journal Cancer Epidernology, Biomarkers and Prevention orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung betacryptozanthin terbukti mengalami penurunan resiko kanker paru-paru sebesar 27%, hasil yang sama juga menunjukkan bahwa perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru-paru sebesar 37% dibanding dengan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung. Butuh biaya tinggi untuk menyembuhkan penyakit, jadi alangkah baiknya kita menghindari penyebab dan mencoba asupan makanan bernutrisi tinggi seperti jagung ini.

Selain dibuat tepung dan pakan ternak dan juga makanan pokok kedua, biji jagung juga digunakan sebagai pengganti kopi dengan cara jagunng direndam dalam air mengalir selama semalam sampai bengkak, kemudian digoreng sampai kering tanpa minyak sampai berwarna cokelat seperti kopi. Sesudah itu digiling halus kemudian dicampur dengan 10% kopi tulen.

Jagung selain sebagai makanan dan minuman juga berkhasiat sebagai obat herbal. Berikut beberapa resep jagung...

Melancarkan Air Seni

Caranya :
Ambil 50 gram rambut jagung segar lalu dicuci, direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 1/2 liter. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

Batu Ginjal

Caranya :
Segenggam rambut jagung segar, 4 tongkol jagung muda, 8 helai daun keji beling. Semua dicuci lalu rebus dengan 1/2 liter air sampai airnya tinggal separuh. Saring, lalu dimunum sekaligus.

Hipertensi

Caranya :
Sama seperti resep untuk melancarkan air seni. Setelah tekanan normal, tetap diminum sehari sekali.

Batu Empedu

Caranya :
Ambil 5 tongkol jagung, 20 helai daun kumis kucing, Semua dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4 gelas. Diminum sekaligus pada siang hari.

Melancarkan Asi

Caranya :
Makan beberapa jagung rebus sebagai kudapan.

Untuk Mengobati Tekanan Batu Ginjal

Caranya :
Bahan yang diperlukan adalah jagung muda 4 tongkol, rambut jagung satu genggam dan daun keji beling segar 8 helai.
Semua bahan direbus dengan 110 ml air. Saring air rebusan dan minum air rebusan setiap hari. Apabila batu ginjalnya sudah keluar (berupa buih atau butiran atau kerikil) henrikan pengobatan. Kemudian lanjutkan dengan jamu dari ramuan kumis kucing dan meniran. Cara membuatnya, seduh daun kumis kucing dan 30 gram meniran dengan air panas, kemudian minum airnya.

Mengobati Batu Empedu

Caranya :
Ambil jagung muda 5 tongkol dan 5 gram herba kumis kucing segar. Semua bahan direbus dengan 110 ml air. Saring air rebusan dan minum air rebusan setiap hari selama 2 minggu

Tekanan Darah Tinggi

Caranya :
Ambil 5-7 tongkol jagung muda dan 1 genggam rambut jagung. Cuci bersih, lalu semua bahan direbus dengan air 110 ml. Saring air rebusan, dan minum air rebusan setiap hari selama 7 hari.

Menghentikan Kebiasaan Ngompol pada Anak

Caranya :
Ambil 1 genggam rambut jagung. Seduh rambut jagung dengan air panas dan minum 1 cangkir teh rambut jagung sebelum tidur.

Menghilangkan Bercak Hitam pada Wajah

Bercak hitam bekas jerawat atau bekas penyakit cacar air, bisa dihilangkan dengan menggunakan jagung muda.

Caranya :
Ambil jagung muda secukupnya, lalu kupas kulitnya. Cuci bersih. Jagung kemudian diparut atau dihaluskan. Setelah itu oleskan pada wajah yang terdapat bercak hitam. Bisa juga dioleskan ke seluruh permukaan wajah seperti menggunakan masker.
Diamkan selama 15-30 menit sampai mengering. Setelah kering, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan sesering mungkin sampai bercak-bercak hitam menipis dan menghilang. Hasilnya, kulit wajah Anda kembali bersih dari bercak hitam dan menjadi cerah.


Catatan :

Hindari menggunakan rambut jagung secara berlebihan, karena rambut jagung dapat menurunkan tekanan darah secara drastis dalam waktu yang singkat.

   
SELAMAT MENCOBA 
KHASIAT : JAGUNG KHASIAT : JAGUNG Reviewed by Unknown on 08.11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.