Traditional Pound Cake dengan Selai Jeruk: Cake tanpa baking powder dan baking soda


Seorang pembaca JTT mengirimkan pesan di salah satu artikel yang saya posting, meminta saya untuk menuliskan resep cake yang tidak memakai bahan tambahan makanan seperti baking powder dan baking soda sama sekali. Balitanya yang baru berumur 14 bulan sangat gemar mengudap cake. Hmm, awalnya saya berpikir apakah itu mungkin? Mengingat semua cake yang saya buat pasti mengandung bahan pengembang. Hingga saya kemudian teringat dengan cake bernama pound cake. 

Pound cake merupakan jenis cake tradisional yang menggunakan takaran yang sama untuk semua bahan-bahan yang digunakan, apakah tepung terigu, mentega, gula, dan telur. Semua bahan memiliki berat 1 pound atau sekitar 435 gram. Pada masa lalu proses pembuatan cake belum melibatkan bahan-bahan pengembang seperti baking powder, baking soda dan emulsifier. Kuncinya untuk membuat cake yang dibuat mengembang adalah dengan melakukan pengocokan mentega dan gula hingga kembang, ringan dan putih. Walau tanpa bahan tambahan pangan namun cake yang dihasilkan sama sekali tidak mengecewakan: lembut, moist, creamy dan buttery. Yummy!


Klik untuk baca selanjutnya...
Traditional Pound Cake dengan Selai Jeruk: Cake tanpa baking powder dan baking soda Traditional Pound Cake dengan Selai Jeruk: Cake tanpa baking powder dan baking soda Reviewed by Unknown on 22.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.