PETAI : Si Bau Berkhasiat Besar

Mulai sekarang, setelah membaca blog ini, ayo... masukkan petai dalam menu masakan Anda. Karena dibanding baunya, manfaatnya ternyata lebih besar....!

Pete atau petai, mendengar sayuran ini pasti banyak yang meringis dan aneh. Selama ini pete dianggap sebagai makanan "orang kampung". Pengggemar pete pun banyak yang malu mengakui, karena bisa menurunkan standar gaya hidup mereka bila ketahuan hobi mengkonsumsi sayuran ini.
Tapi, bagi yang menyukainya, rasa pete pasti luar biasa nikmatnya. Pete (Parkis speciosa) kaya senyawa belerang alias sulfur yang menjadikan aromanya sedemikian menusuk. Karena aromanya ini pula, pete sering dicampurkan ke dalam masakan seperti botok atau sayur lodeh, sebagai "pengharum".
Banyak yang enggan makan pete, karena efek makan pete memang luar biasa. Baunya baru akan tercium setelah Anda selesai mengkonsumsinya, entah itu dalam bentuk bau mulut atau bau air seni. Karena itulah, banyak "orang kota" yang enggan memakan pete. Efek bau yang sangat kuat dan tidak sedap inilah yang selalu mendapat protes dari orang-orang sekitar pengkonsumsi pete.
Di Indonesia, pete dibakar, direbus,maupun digoreng sangat nikmat jika dilalap dengan sambal. Sambalreng kentang tanpa aroma pete juga terasa ada yang kurang. Pete akan sangat nikmat jika dikombinasikan dengan makanan lain yang memiliki aroma kuat, seperti bawang putih, cabai, dan kari.
Seperti halnya asparagus, pete mengandung asam amino yang memberikan bau khas dan kuat pada air seni dimana efek ini dapat bertahan hingga dua hari setelah dikonsumsi.Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam pete dapat menyebabkan bau khas dan kuat.
Mengapa pete baunya sangat menyengat? Asam amino yang banyak terdapat pada pete kaya unsur nitrogen dan sulfur yang akan diubah menjadi gas yaitu amoniak (NH3) dan hydrogen sulfida (H2S). Inilah yang menyebabkan kentut menjadi bau. Karena berbagai alasan inilah maka sebagian orang memilih untuk tidak mengkonsumsi.

Kaya Nutrisi

Namun, jangan anggap remeh pete! Sayuran ini menyimpan banyak manfaat. Pete sangat kaya akan protein sebagaimana famili leguminoceae (kacang-kacangan) pada umumnya. Pete mengandung kalsium yangbermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin B6 yang terkandung di dalamnya berperan untuk memperbaiki mood seseorang, atau istilahnya cooling product dalam budaya oriental.
Bahkan, dibandingkan dengan apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak, 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan 2 kali lipat jumlah vitamin dan mineral.
Setelah mengalami uji klinis di laboratorium, buah khas Indonesia ini mengandung protein dan lemak cukup tinggi bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi dari pada tempe.
Pete juga berkhasiat sebagai antidepresan, karena pete mengandung tryptophan, yakni asam amino yang di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Seperti diketahui, serotonin adalah zat yang membuat tubuh merasa rileks dan bahagia. Bisa jadi di masa depan, pete akan menggantikan kedudukan coklat sebagai makanan yang paling dicari saat orang sedang stress.
Kandungan karbohidrat dalam pete mengandung tiga unsur utama, yakni: sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiganya bermanfaat sebagai energy booster. Jadi, sebelum melakukan kegiatan yang menguras energi, mengkonsumsi pete akan bermanfaat sebagai tambahan tenaga.
Pete sendiri juga merupakan sumber energi yang baik, yaitu : 142 kkal per 100 gram biji. Kandunga fosfor pada pete juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji. Pete juga mengandung vitamin C cukup tinggi yaitu 46 mg per 100 g biji. Peran vitamin C terutama adalah dalam proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stress.
Riset membuktikan dua porsi pete mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Tidak heran makanan ini adalah makanan kegemaran beberapa atlet top.
Para peneliti memuji pete sebagai biji-bijian yang kaya antioksidan. Zat aktif oksidannya mampu melumpuhkan aktivitas radikal bebas superoksida hingga lebih dari 70%. Para ahli berharap akan ada yang tertarik mengekstrak zat aktif pete untuk biang antioksidan pelawan efek penuaan.
Hanya saja, Anda jangan sampai makan pete terlalu banyak, hanya karena ingin memburu khasiat antioksidannya. Ingat, bisa-bisa Anda di demo tetangga gara-gara selokan tercemar bau air seni Anda..!

Nah, selain sedap sebagai lalapan, pete mempunyai banyak fungsi dan manfaat seperti di bawah ini :

Anemia

 Anemia biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti tubuh lemas, letih, dan kurang bersemangat. Anemia menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan konsentrasi dan nyeri pada persendian tulang. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Pete memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi anemia dan mampu menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Depresi

Ketika Anda mengalami stress atau bad mood, itu tandanya Anda kekurangan tryptophan. Tryptophan adalah suatu asam amino essensial yang apabila dikonsumsi, maka akan diubah menjadi serotonin yang mampu mempengaruhi sistem kerja saraf dan berfungsi memperbaiki mood.
Menurut survey yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Mengapa begitu? Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang membuat tubuh rileks, memperbaiki mood, dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Menyehatkan Mata, Meningkatkan Konsentrasi

Pete memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yaitu 220 IU per 100 mg. Seperti diketahui, vitamin A bermanfaat tuk menjaga kesehatan kornea mata. Kalium dalam pete juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak sehingga baik untuk membantu mereka yang kesulitan belajar.
Seperti yang terjadi pada 200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah memalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dan membuat siswa semakin waspada.

Melancarkan Pencernaan

Serat juga banyak terkandung dalam pete. Serat atau fiber berguna memperlancar pencernaan. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, mengkonsumsi pete akan sangat membantu mengurangi penderitaan Anda. Pete juga memiliki efek antasid pada tubuh. Jika Anda merasa mual dan begah karena makan terlalu banyak, pete mampu mengurangi rasa sakit tersebut.

Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Luka Lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Mengatur Suhu Tubuh

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah 'dingin' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menantikan kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Stop Merokok

Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, cobalah konsumsi pete. Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya bersama kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

PMS (Premenstrual syndrome)

Mood Anda biasanya akan "berantakan" saat Anda menstruasi. Nah, jika mengalami PMS saat 'tamu' datang, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah yang dapat membantu mood.

Cegah Stroke

Kandungan kalium yang tinggi, namun rendah garam dalam pete, mampu menstabilkan detak jantung. Tekanan darah yang terjaga akan menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan gejala stroke. Bahkan "The New England Journal of Medicine" merilis hasil penelitian yang menyebutkan, mengkonsumsi pete secara teratur mampu menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.

Hilangkan Stress

Kalium adalah mineral penting yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akanmengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan pete yang tinggi kalium.

Kekenyangan

Pete memiliki efek antasid pada tubuh sehingga bila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

Mual di Pagi Hari

Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

Gigitan Nyamuk

Jika Anda digigit nyamuk dan rasa gatal menyerang, sebelum mengoles cream gigitan nyamuk, cobalah untuk menggosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Obat Awet Muda

Kemungkinan disebabkan kandungan proteinnya untuk regenerasi kulit. Bahkan kabarnya pete Indonesia sebagian sudah di ekspor ke Jepang untuk dijadikan salah satu bahan kosmetik.

Hilangkan Caplak/Kutil

Untuk menghilangkan kutil atau caplak, ambil sepotong pete dan kupas. Lalu biji pete dibelah menjadi dua. dan tempelkan pada kutil tersebut. Agar tidak jatuh, tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester.

Aman Makan Pete

Nah, agar maksimal pete bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, tapi baunya tidak mengganggu orang lain, di bawah ini ada beberapa cara agar bau yang menyengat bisa diminimalisir....
  1. Saat makan pete, jangan kupas kulit arinya. hal ini agar mengurangi bau menusuk pete.
  2. Mengunyah ketimun setelah puas makan pete
  3. Minum-minuman bersoda seperti: coca-cola, fanta, atau sprite.
  4. Berkumur dengan 1/2 gelas kopi pahit tanpa gula. Aroma kopi bisamengalahkan aroma pete yang menyengat.
  5. Setelah Anda makan pete, segeralah menggosok gigi agar sisa-sisa serat makanan yang tadi segera dibersihkan.
  6. Bisa juga Anda coba makan 1 sendok kecap setelah mengkonsumsi pete.
  7. Jika cara ini kurang maksimal, silahkan Anda mencoba makan 1/2 genggam beras entah. Kunyah beras tersebut sampai hancur, tapi jangan ditelan. Atau bisa juga dengan menumbuk halus beras dan dicampur air. Silahkan Anda berkumur dengan air campuran beras tadi.
  8. Biasakan  mengkonsumsi tomat tiap hari (minimal 2 iris kecil). Karena menurut ilmu kesehatan air perasan tomat bisa meminimalisir kandungan zat asam yang berlebihan dimulut kita (yang mengakibatkan aroma mulut kita jadi tidak enak).
  9. Cara mudah dan cepat untuk menghilangkan bau pete dan jengkol adalah dengan minum susu hangat. Saat masih hangat, kumur-kumurlah pakai air susu.
  10. Penting... Agar kamar mandi tidak berbau, Anda buang air kecil di lubang WC dan langsung di siram sehingga baunya tidak menyebar.

PETAI : Si Bau Berkhasiat Besar PETAI  :  Si Bau Berkhasiat Besar Reviewed by Unknown on 23.42.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.