KHASIAT : DAUN DAN BUAH TIN

MULTI KHASIAT DAN TERTUANG DALAM AL QUR’AN

Segala apa yang diciptakan dan dikaruniakan oleh Tuhan YME pastilah mempunyai keistimewaan dan kelebihan tersendiri. Begitu pula dengan keistimewaan yang terkandung dalam buah dan daun TIN (Ficus Carica) yang sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Hal ini bahkan tertulis dalam kitab-kitab suci, baik itu Al Qur’an, Injil, maupun Taurat.

Kenapa daun dan buah TIN sangat berkhasiat dalam bidang kesehatan ?

                         
Menurut dr. Sidi Antjahja yang juga ahli herbalis, daun Tin mengandung alkaloid dan saponin yang bermanfaat sebagai diuretic serta memperbaiki metabolisme protein dan lemak. Daun tanaman anggota family Moraceae ini mengandung senyawa flavonoid terutama quecertin dan luteolin. Keduanya senyawa anti radang dan anti oksidan. Khusus luteolin berkhasiat membantu prosesmetabolisme karbohidrat dan meningkatkan system imun.
                                 
Kandungan senyawa diuretic itulah yang membantu menggerus batu yang mengendap di saluran kemih dan ginjal sehingga bisa terbawa saat berurine. Sedangkan senyawa anti radang berkhasiat mengurangi rasa nyeri. Menurut penelitian oleh para ahli kesehatan, selain dapat mengobati kencing batu, kandungan zat-zat yang terdapat dalam daun maupun buah Tin juga dapat memberikan manfaat bagi penyakit-penyakit lainnya, seperti :
  1.  Kandungan Kalium, Omega 3, dan Omega 6 pada buah Tin membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan Jantung koroner.
  2.  Buah Tin kaya serat makanan, yang membuat mereka sangat efektif untuk program penurunan berat badan (obesitas).
  3. Mengkonsumsi buah Tin dengan rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker kolon.
  4. Kandungan Coumarin pada buah Tin juga dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
  5. Kandungan Kalsium dan Kalium dalam buah Tin, dapat mencegah penipisan tulang (Osteoporosis) dan membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah Tin mengandung 241 mg Calsium, 2 kali lebih tinggi dari kandungan Calsium pada susu (118 mg per 100 gram).
  6. Tryptophan dalam buah Tin, menginduksi tidur yang baik dan menyingkirkan gangguan tidur seperti insomnia.
  7. Mengkonsumsi buah Tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah Anemia.
  8.  Karena efek laksatif, mengkonsumsi buah Tin sangat membantu untuk mengobati sembelit kronis.
  9.  Konsumsi harian buah Tin (2-3 buah/hari) merupakan terapi yang efektif untuk penyembuhan wasir.
  10. Serat  larut yang terdapat pada buah Tin disebut Pektin, dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah.
  11. Bila diterapkan pada kulit, buah Tin yang dipanggang dan di usapkan pada bagian kulit, bias menyembuhkan radang seperti abses dan bisul.
  12. Karena kadar airnya yang tinggi, tumbukan buah Tin yang dioleskan pada wajah, dapat bertindak sebagai pembersih kulit yang sangat baik dan membantu dalam mencegah dan menyembuhkan jerawat.
  13. Buah Tin kaya akan Phenol dan Benzaldehit alami sebagai Zat Anti Tumor serta dapat membunuh Micro organism Pathogen, jamur, dan Virus dalam tubuh manusia.
  14. Buah tin kaya akan kalsium dan kalsium alternative yang sangat baik untuk terapi pengobatan orang-orang alergi terhadap produk susu.


 Menurut manuskrip kuno, pohon Tin sendiri diduga pertama kali dibudidayakan di Mesir. Pohon ini lalumenyebar ke Kreta kuno dan yang kemudian, sekitar abad 9 SM ke Yunani kuno, dimana mereka menjadikan bahan makanan pokok dalam diet tradisional. Pohon Tin juga sempat digunakan sebagai symbol penghargaan/penghormatan oleh orang Yunani. Bahkan mereka menciptakan undang-undang yang melarang untuk mengeksport buah-buahan Tin kualitas terbaik. Pohon Tin juga dihormati di Roma kuno dimana mereka menganggap sebagai buah dan pohon suci. Pohon Tin dapat tumbuh subur dan mudah dibudidayakan di Indonesia dan mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan (Natural Herbal Medicine) tanpa efek samping.

Selama ini, mungkin memang banyak diantara kita yang tidak mengetahui akan keistimewaan yang terdapat pada buah maupun daun dari pohon Tin dan pentingnya untuk kesehatan.. Mungkin karena pohon Tin sendiri bukan berasal dari Indonesia tetapi dari Negara Timur Tengah seperti : dari Mekah, Syam, Palestina, juga Mesir.
                       
Di dalam Al Qur’an sendiri, juga terdapat surat khusus yang menyatakan pohon Tin ( Surat At Tin ayat 1-3). Jika direnungkan, pasti ada hikmah dibalikitu, mengapa Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an, ini mungkin karena khasiat dan keistimewaannya yang tiada banding dengan buah-buahan lainnya.
Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, “Sekiranya aku katakan, sesungguhnya buah yang turun dari Surga maka aku katakan inilah buahnya (Tin), sesungguhnya buah Surga tiada keraguannya.” (Hadits Riwayat, Abu Darba;Suyuti)
                      
Disamping itu, Lembaga Penasehat Buah Tin di California ( California Fig Advisory Board) telah mengatakan buah Tin sebagai “Nature’s most nearly perfect fruit” yaitu buah yang mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

Wallahu A’lam Bissawaab
KHASIAT : DAUN DAN BUAH TIN KHASIAT : DAUN DAN BUAH TIN Reviewed by Unknown on 13.38.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.