Snack Keju Renyah Dari Tepung Sagu


Di mall Ambasador ada satu toko yang khusus menjual aneka camilan khas Bangka, segala macam keripik, kerupuk, kacang-kacangan, kue kering bahkan hingga belacan (terasi) dan rusip pun ada. Rusip adalah sejenis  makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan teri yang difermentasikan di dalam pot atau guci dengan garam, kemudian ditambahkan gula Jawa sebagai perasa. Rusip umumnya digunakan sebagai pengganti sambal untuk lalapan. Di antara deretan aneka snack ini, ada satu yang menjadi favorit teman-teman kantor saya yaitu kue keju yang terbuat dari tepung sagu/tapioka/kanji. Teksturnya renyah dengan rasa yang sangat gurih. Nah, makanan ini membuat ingatan saya terlontar puluhan tahun yang lalu ke kampung halaman Ibu saya di  Tanjung Pinang. Di sana kue keju dari tepung kanji ini merupakan kue wajib Lebaran selain nastar tentunya. Setiap tahun, satu minggu menjelang Lebaran, Ibu saya akan membuat kue keju ini hingga berkaleng-kaleng banyaknya. Maklum saja, dari sekian banyak resep kue hanya kue keju ini yang dikuasai Ibu saya dan sukses dibuat tanpa bantuan adik, kakak, nenek, tetangga dan bala bantuan lainnya. Saya akui, Ibu memang jago memasak aneka lauk dan masakan namun untuk urusan membuat kue? "Teruk lah" alias payah, kata orang Melayu. ^_^


Klik untuk baca selanjutnya...
Snack Keju Renyah Dari Tepung Sagu Snack Keju Renyah Dari Tepung Sagu Reviewed by Unknown on 08.11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.