MEMERANGI GANGGUAN ASAM URAT DENGAN TANAMAN OBAT

LEONARDO DA VINCI, BENJAMIN FRANKLIN, DAN RATU ANNE DISEBUT-SEBUT MENDERITA PENYAKIT INI. MEMANG, PENYAKIT INI BUKAN GOLONGAN PENYAKIT MEMATIKAN SEPERTI HALNYA KANKER. NAMUN  KARENA MENIMBULKAN NYERI YANG AMAT SANGAT, MAKA PENYAKIT INI TERBILANG CUKUP MENGGANGGU.


ASAM URAT adalah salah saru bentuk penyakit rematik yang telah di kenal manusia sejak abad 5SM. Penyebab penyakit ini adalah karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Pemicu yang utama adalah akibat pola makan yang tidak tepat.
                
             Purin sebagai salah satu bagian dari protein, yang banyak terdapat dalam sumber-sumber protein seperti daging dan jeroan. Jika pola makan kita yang tidak seimbang dengan jumlah protein yang sangat tinggi dalam kurun waktu yang sangat panjang akan menimbulkan penumpukan asam urat. Sumber purin antara lain, antara lain adalah :
1. Makanan kalengan seperti : kornet, sarden, dan ekstrak daging.
2. Makanan laut, seperti : udang, kepiting, dan kerang.
3. Jeroan, seperti : hati, ginjal, babat,limpa, usus, paru, dan otak.
4. Kacang-kacangan kering beserta olahannya, seperti : tempe, tauco, dan susu 
    kedelai.
5. Melinjo dan produk-produk olahannya, seperti : emping dan kue melinjo.
6. Minuman beralkohol dan berbagai minuman hasil fermentasi.
7. Keju, susu, dan telur
8. Buah-buahan, seperti : durian, alpukat ,nenas, dan air kelapa.
9. Sayuran, seperti : daun bayam, daun singkong, daun jambu mete, buncis, dan
    kangkung.


              Mengetahui jenis-jenis sumber makanan sebagai pencetus  asam urat, bukan berarti kita harus menghindari makanan-makanan tersebut sama sekali. Namun yang terpenting adalah mengendalikan jumlahnya dalam pola makan kita. 
             Beberapa tanaman obat yang diakui bisa digunakan untuk mengobati  asam urat ini antara lain : sambiloto, sidaguri, salam, kumis kucing, meniran, dan anting-anting.
Berikut beberapa resep untuk memerangi masalah asam urat :
  1. Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5-10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Diminum 3 kali 1 gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
  2. Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah (dengan cara dimemarkan), dan 10 kapulaga kering. Rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang, dan sore hari masing-masing 3/4 gelas (150 ml) atau minum dua hari sekali masing-masing 200 ml.
  3. Rebus 15 - 30 gram sidaguri atau 30 - 60 gram basah dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.Jika dengan akar, dosisnya 10 - 15 gram.
  4. Ambil 5 - 7 potong akar anting-anting (segar ataupun kering), rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, minum sekaligus.
  5. Untuk borehan, gunakan daun gandarusa segar 40 gram, daun kemangi segar 30 gram, kencur segar 30 gram, jahe merah segar 30 gram, daun encok segar 30 gram, dan beras 40 gram. Rendam beras selama 3-4 jam. Cuci semua bahan, tumbuk/lumatkan, lalu campur dengan beras yang telah ditumbuk. Setelah bahan tercampur dan lembut, tempatkan dalam wadah, borehkan ramuan pada bagian yang sakit secukupnya. Lakukan pengobatan dua kali sehari, pagi dan sore.
                  Pola hidup saat ini yang kurang sehat, dimana semua serba terburu-buru, membuat kita jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga dengan alasan sibuk dan tidak ada waktu. Padahal, kurangnya olahraga membuat sistem metabolisme tubuh kita lebih lemah dibandingkan dengan mereka yang rajin berolahraga karena tidak terlatih bekerja keras mengimbangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk membentuk energi. Akibatnya, tubuh menjadi lebih mudah mengalami dangguan fungsi organ dan kita pun jadi mudah sakit.
                 Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit asam urat. Asam urat juga dapat menimbulkan penyakit lain dan komplikasi penyakit, seperti : cacat tulang, ganguan penglihatan, osteoporosis, dan gangguan ginjal yang jika kerjanya terganggu juga bisa mengakibatkan hipertensi, gangguan jantung, diabetes melitus, dan stroke. Jadi semuanya akan terlibat seperti lingkaran setan, karena kerja ginjal sangat dipengaruhi dan akan mempengaruhi kerja organ-organ lainnya.

SEMOGA RESEP INI BERHARGA UNTUK PEMBACA YANG TENGAH BERPERANG DENGAN ASAM URAT. SELAMAT MENCOBA......

MEMERANGI GANGGUAN ASAM URAT DENGAN TANAMAN OBAT MEMERANGI GANGGUAN ASAM URAT DENGAN TANAMAN OBAT Reviewed by Unknown on 20.40.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.