Hong Kong Egg Tart



Egg tart atau egg custard tart merupakan sejenis tart pastry dengan custard (adonan yang terbuat dari campuran susu atau krim, gula dan kuning telur) yang umum ditemui di Hong Kong dan negara Asia lainnya, makanan ini berupa kulit pastry yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Egg tart terdaftar sebagai salah satu dari 50 Makanan Paling Lezat di Dunia versi CNN Go pada tahun 2011.

Tart dengan isi custard pertama kali diperkenalkan oleh kedai-kedai teh  di Hong Kong pada tahun 1940. Makanan ini kemudian di sajikan juga di cafe-cafe a la western dan bakery sebagai teman minum teh, tujuannya agar bisa bersaing dengan dim sum yang telah lebih dahulu dikenal. Seiring dengan meledaknya sektor perekonomian pada tahun 1950 dan 1960, kedai teh Lu Yu menjadi pemimpin dalam memperkenalkan mini egg tart. Irosnisnya, mini egg tart ini justru sekarang menjadi makanan yang umum disajikan di dim sum dan memiliki rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan yang dijual di bakery.

Teori lain mengenai sejarah egg tart mengatakan bahwa Hong Kong egg tart sebenarnya merupakan hasil adaptasi custard tart a la Inggris. Guangdong, dikenal memiliki interaksi yang lebih sering dengan dunia Barat, terutama Inggris, dibandingkan dengan daerah lainnya di China. Sebagai koloni utama Inggris, Hong Kong mengadopsi beberapa kuliner a la Inggris. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa egg tart sebenarnya merupakan hasil evolusi tart pastry sejenis yang sangat mirip di Portugis yang dikenal dengan nama pastel de nata, makanan ini diduga berlayar ke Hong Kong melalui koloni Portugis di Macau.


Klik untuk baca selanjutnya...
Hong Kong Egg Tart Hong Kong Egg Tart Reviewed by Unknown on 21.54.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.