Resep Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake)

Resep Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake) JTT

Satu lagi cake kukus yang lezat dan mudah untuk dibuat, cake buah kukus. Jika biasanya saya membuat cake buah dengan cara di panggang kali ini saya mencoba dengan cara kukus. Cake atau roti yang dikukus rasanya memang lembut, moist dan lezat tidak kalah dengan versi ovennya. Resepnya saya ambil dari buku resep masakannya Ny. Liem, resep kue-kue kukusnya memang lezat, dan beberapa saya pilih untuk dicoba di dapur. Terutama tentu saja resep yang mudah proses pembuatannya dan bahannya juga terjangkau harganya :).

Resep Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake) JTT

Untuk buah keringnya saya menggunakan sultana, sebelum dimasukkan ke dalam adonan, taburi sultana terlebih dahulu dengan tepung terigu sebanyak 1 sendok makan agar sultana tersebar merata ke seluruh cake dan bukan memilih untuk tenggelam ke dasar loyang. Uniknya dari cake buah kukus ini adalah, tepung terigu yang digunakan adalah tepung terigu protein tinggi (Cakra), padahal setahu saya untuk cake dan cookies menggunakan tepung terigu protein rendah. Hasilnya adalah cake kukus yang padat tetapi lembut. Lezat!

Tips untuk cake kukus pernah saya posting sebelumnya di resep cake marmer kukus, anda bisa klik disini. Yang paling penting adalah panaskan dandang kukusan sebelum cake dimasukkan, kemudian alasi permukaan dandang dengan kain bersih sebelum anda tutup dengan penutup dandang. Jangan buka-buka dandang selama proses pengukusan ya agar cake mengembang sempurna. 
Berikut ini resepnya.

Klik untuk baca selanjutnya...
Resep Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake) Resep Cake Buah Kukus (Steamed Fruitcake) Reviewed by Unknown on 18.58.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.