Khasiat Daun, Akar dan Biji PEPAYA


Pepaya (Carica Papaya) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan. Kini tanaman ini telah menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Namun selain dari manfaat buahnya yang kerap digunakan sebagai sayur, rujak, campuran coktail, dan lain sebagainya, serta diketahui banyak mengandung vitamin, ternyata akar, daun, dan bijinya juga sangat bermanfaat sebagai obat herbal.....

Daun pepaya 

Walau rasanya pahit, justru dibalik rasa pahit itulah daun pepaya menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun pepaya :

1. Obat Jerawat

Bagi yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat, terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikannya, daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian jemur an tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air, lalu gunakanlah sebagai masker.

2. Bermanfaat Memperlanca
r Pencernaan

Daun pepaya juga baik untuk usus dan mencegah gangguan pencernaan, yakni karena khasiat antibiotik senyawa karpain yang terkandung pada daun pepaya. Karena karpainlah yang membantu membunuh mikroorganisme. Caranya : daun pepaya dapat diolah menjadi masakan sesuai selera dan kemudian dikonsumsi.

3. Menambah Nafsu Makan

Manfaat ini masih jarang yang mengetahuinya. Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Cobalah resep ini : Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Setelah itu, tambahkan sedikit garam  dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu di blender , kemudian disaring airnya. Nah, air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

4. Mengatasi Demam Berdarah

Sapa sangka kalau daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan demam berdarah? Caranya : Ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal 3/4 nya saja, lalu diminum.

5. Mengobati Nyeri Haid

Kegunaan daun pepaya berikutnya adalah untuk mengobati nyeri haid. Wanita Jawa jaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Caranya : culup ambil 1 lembar daun saja. Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

6. Sebagai Anti kanker

Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai obat anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batangnya juga dapat digunakan, karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu)

Akar Pepaya

Yang banyak dikenal dari manfaat akar pepaya adalah manfaatnya sebagai obat penyakit ginjal, baik yang sudah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal.
Selain itu manfaat akar pepaya juga dapat digunakan sebagai obat cacing dan untuk minuman penyegar. 

Kita bisa mengolahnya dengan resep sebagai berikut :
  1. Untuk Obat Cacing. Gunakan akar pepaya kering 10gram, bawang putih 1gram, dan air 100ml. Bahan dipotong-potong, kemudian didihkan selama 15menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh saringan sebanyak 75ml.
  2. Sebagai Minuman penyegar. Ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.
  3. Untuk mencegah Resiko Batu Ginjal. Ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum.

Biji Pepaya

Berikut adalah manfaat dari biji pepaya :
  1. Biji pepaya sebagai anti bakteri. Penelitian telah dilakukan dan menemukan kalau biji pepaya ternyata efektif membasmi E coli, Salmonella, dan infeksi Staph
  2. Biji Pepaya untuk melindungi ginjal. penelitian telah menemukan kalau dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun diinduksi gagal ginjal.
  3. Biji pepaya dapat membasmi parasit usus. Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak bebas parasit setelah 7 hari pengobatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.
  4. Biji pepaya basmi Racun Hati. Dalam pengobatan di negeri China diyakini kalau sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan sirosis hati.
Demikianlah informasi tentang khasiat pepaya, selain buahnya yang manis, daun, biji, dan akarnya pun dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca blog saya ini.....

Selamat Mencoba

Khasiat Daun, Akar dan Biji PEPAYA Khasiat Daun, Akar dan Biji PEPAYA Reviewed by Unknown on 20.04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.