Kacang Panjang & Ebi dengan Kuah Santan


Ketika saya masih kecil, saya paling suka duduk di samping Ibu saya yang sedang meracik aneka sayur dan bahan makanan untuk diolah menjadi lauk hari itu. Terasa menenangkan dan membuat pikiran menjadi rileks melihat tangan Ibu yang cekatan menyiangi bermacam-ragam sayuran di atas meja. Nah salah satu sayuran yang saya masih ingat betapa lama proses menyiapkannya adalah kacang panjang yang dimasak santan seperti postingan kali ini. Sayur ini merupakan menu favorit keluarga Ibu saya di Tanjung Pinang, sehingga sering sekali saya temukan di meja makan rumah tante-tante saya yang kebetulan  jaraknya berdekatan dengan kami. Mungkin karena bumbunya yang simple dan rasanya yang lezat sehingga menyantapnya dengan lauk sederhana pun sudah terasa super yummy! 

Sayangnya setelah saya dewasa,  saya tidak pernah membuatnya sendiri di rumah. Membayangkan betapa laparnya perut saya menunggu makanan ini matang karena proses meraciknya yang lama telah membuat saya rela untuk tidak pernah menyantap masakan ini lagi. Hingga minggu kemarin ketika si Ibu penjual sayur di pasar memaksa saya untuk membeli kacang panjang dagangannya. Tak tega melihat gunungan sayuran yang masih banyak dan hari yang telah menjelang siang, akhirnya seikat besar kacang panjang pun masuk ke kantung belanja. Kali ini saya akan bernostalgia dengan masakan Ibu yang sudah berpuluh tahun tidak pernah saya nikmati, sayur kacang panjang dengan kuah santan yang lezat. ^_^


Klik untuk baca selanjutnya...
Kacang Panjang & Ebi dengan Kuah Santan Kacang Panjang & Ebi dengan Kuah Santan Reviewed by Unknown on 20.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.