Stik Keju Tempe: Camilan Gurih & Renyah


Walaupun tempe tidak pernah membuat saya bosan namun terkadang saya tergelitik juga untuk mencoba modifikasi olahan yang terbuat darinya, entah di pepes, ditumis, diolah dengan bumbu terik dan segudang modifikasi lainnya. Namun tidak bisa dipungkiri, olahan tersebut memiliki daya simpan yang tidak lama. Kelemahan utama dari tempe adalah masa simpannya yang pendek, di dalam kulkas mungkin bisa bertahan hingga 3 hari, namun disuhu ruang biasa tempe hanya memiliki masa simpan 1 hari saja. Nah, agar bisa bertahan lama umumnya tempe diolah menjadi keripik tempe, caranya tempe diiris tipis-tipis kemudian dibalur tepung berbumbu dan digoreng hingga kering. Makanan ini umum dijumpai, bahkan di kampung halaman saya di Paron, Ngawi, keripik tempe merupakan makanan yang cukup terkenal dan kerap dianggap sebagai trade mark-nya Ngawi. Kesulitan pembuatan keripik tempe adalah anda harus mengiris tempe setipis mungkin untuk menghasilkan keripik yang kering dan renyah. Terus terang saya tidak memiliki skill tersebut. Alternatif lainnya adalah membuatnya menjadi stik tempe seperti yang saya tampilkan kali ini. Cara ini lebih mudah, murah meriah dan lezat dengan cita rasa khas tempe yang tetap terasa.


Klik untuk baca selanjutnya...
Stik Keju Tempe: Camilan Gurih & Renyah Stik Keju Tempe: Camilan Gurih & Renyah Reviewed by Unknown on 23.04.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.